Jumat, 10 Agustus 2007

GPSMan 6.3.2



Layanan GPS (global positioning System) memang belum banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia, bahkan sangat kurang dikenal. Pada kenyataannya, jika pelayanan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, kesulitan mencapai daerah-daerah tertentu atau tersesat dalam perjalanan, kemungkinan besar dapat dihindari.

Kesulitan pertama pengoperasian GPSadalah ketika melakukan pembacaan koordinat, atau titik, waypoint. Selebihnya, kebanyakan koneksi GPS dapat dilakukan secara gratis, begitu pun dengan beberapa peta Indonesia sampai Jakarta, termasuk propinsi-propinsi lainnya. Apalagi sekarang sudah banyak PDA yang juga menyertakan GPS sebagai tambahan fiturnya. Tunggu apalagi?

Untuk mempermudah pengaturan data di GPS yang telah anda milika, gunakan GPSMan. Aplikasi ini berfungsi sebagai GPS data maneger pada operating system Linux. Tampilan yang digunakan lebih mudah dipelajari. GPSMan sudah men-support komunikasi secara real-time atau terus-menerus dengan banyak device, seperti Garmin, Lowrance, dan Magellan. Aplikasi ini juga mampu menerima informasi NMEA 0183 secara real-time, dari penerimaan GPS tipe apa saja. Uniknya lagi, GPSMan dapat digunakan pada command mode. Jadi tidak ada interface gratis yang akan mucul.

Setiap data akan disimpan dengan aman, misalnya waypoint, route, track, polyline, lap, dan group. Semua informasi tersebut dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi teks editor, namun anda harus mengubahnya terlebih dahulu ke format .txt. Anda juga dapat membuka data baru, memodifikasi data yang sudah ada, atau membuang semua data. Selain itu, GPSMan menyediakan fitur konversiseperti dari route ke track dan sebaliknya, polyline ke track, dan lain-lain.

sumber : info LINUX 08/2007 halaman 26

Tidak ada komentar: